Screenshot_3

Tempat wisata Danau Tambing di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah ditutup sesaat sampai batas saat yang belum di ketahui untuk menanggung keamanan serta keselamatan beberapa wisatawan sesudah daerah itu dirundung gempa bumi. ” Ya satu hari sesudah gempa bumi tektonik 6, 6 SR mengguncang lokasi Napu, Kabupaten Poso pada 29 Mei 2017, Danau Tambing sangat terpaksa ditutup sesaat saat, ” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL, Sudayatna di Palu, Sabtu (3/6).

Ia menyampaikan gempa bumi yang berpusat di Wuasa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso serta dirasa cukup keras di beberapa daerah di Sulteng, termasuk juga di Kota Palu serta Sigi, bikin permukaan air danau naik. Sebagian fasilitas serta sarana yang di bangun di lokasi wisata itu, kata Sudayatna, alami rusaknya cukup serius hingga butuh selekasnya diperbaiki.

Sarana yang rusak diantaranya lapangan parkir, tanahnya retak-retak seperti patahan serta longsor, pondik peneliti/penilaian burung rusak berat, jaringan air bersih untuk keperluan supply air di lokasi, kabel listrik dalam tanah serta yang lain. Kerugian sesaat ditaksir meraih beberapa ratus juta rupiah. Karna banyak sarana yang rusak akibat gempa, jadi untuk kebutuhan berbarengan, termasuk juga kenyamanan serta keselamatan beberapa pengungjung, jadi untuk sesaat ditutup.

” Kelak sesudah semuanya telah diperbaiki bakal di buka kembali untuk kunjungan wisatawan, ” kata dia.

Sepanjang tempat wisata yang terdapat di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara pada ketinggian sekitaran 1. 700 mtr. dari permukaan laut itu, pihak TNLL di pastikan kehilangan sember pendapatan untuk kas negara cukup besar. Terlebih, kata Sudayatna jumlah kunjungan wisatawan, termasuk juga dari luar negeri ke tempat wisata unggulan Propinsi Sulteng itu makin bertambah tiap-tiap tahunnya.

Sehari-hari, terutama pada hari libur, jumlah pengungjung di Danau Tambing sekitar 500 orang. Cost masuk ke tempat object wisata itu untuk pelajar/mahasiswa Rp 5. 000 per orang serta wisatawan luar negeri Rp 200 ribu per orang.
sumber : REPUBLIKA. CO. ID,