Ingin hidup menjadi usai 100 athun ? Sangat menggoda untuk berpikir bahwa dengan omega-3, kale dan blueberry yang cukup, Anda bisa makan di sana.

Tapi salah satu takeaway utama dari sebuah buku baru tentang bagaimana cara makan dan hidup seperti “orang paling sehat di dunia” adalah bahwa umur panjang bukan hanya tentang makanan.

Orang-orang yang tinggal di Zona Biru – lima wilayah di Eropa, Amerika Latin, Asia dan periset A.S. telah mengidentifikasi memiliki konsentrasi centenarian tertinggi di dunia – banyak menggerakkan tubuh mereka. Mereka memiliki lingkaran sosial yang memperkuat perilaku sehat. Mereka butuh waktu untuk menghilangkan stres. Mereka adalah bagian dari komunitas, yang seringkali religius. Dan mereka berkomitmen untuk keluarga mereka.

Tapi apa yang mereka masukkan ke dalam mulut mereka, berapa banyak dan kapan juga bisa dicermati. Dan itulah sebabnya Dan Buettner, seorang penjelajah dan penulis National Geographic yang menyerang sebuah pencarian pada tahun 2000 untuk menemukan rahasia gaya hidup untuk umur panjang, telah menulis sebuah tindak lanjut dari buku aslinya mengenai masalah ini. Buku baru, yang disebut The Blue Zones Solution, ditujukan untuk orang Amerika, dan kebanyakan tentang makan.

Mengapa kita harus memperhatikan apa yang orang-orang di komunitas Blue Zone yang relatif terisolasi makan? Karena, seperti Buettner menulis, makanan tradisional mereka kembali ke zaman sebelum orang Amerika dibanjiri makanan cepat saji dan gula pasir. Dan untuk memenuhi syarat sebagai Zona Biru, komunitas ini juga harus terbebas dari penderitaan seperti penyakit jantung, obesitas, kanker dan diabetes. Jadi jelas mereka melakukan sesuatu dengan benar.

Anggur Cannonau adalah anggur merah garnet kaya antioksidan yang terbuat dari anggur Grenache yang ditegakkan dengan sinar matahari di Sardina, Italia.

Keluarga Hoxie, yang adalah orang Advent di Loma Linda, California, menyiapkan makan malam. Advent Hari Ketujuh mengikuti diet yang menekankan kacang, buah dan kacang polong dan rendah gula, garam dan biji-bijian halus.

Pasar ikan Naha di Okinawa menyediakan makanan segar untuk sebagian besar pulau.

Orang Okinawa telah lama memberi tahu anak-anak mereka untuk makan sesuatu dari darat dan sesuatu dari laut setiap hari. Orang-orang Okinawa percaya bahwa pepatah yang dihormati kali ini membantu memberi kontribusi pada kehidupan yang panjang dan sehat.
Gianluca Colla / Courtesy of Blue Zones
Penulis dan penjelajah National Geographic Dan Buettner mengendus sepupu emas jahe, kunyit, yang menonjol dalam diet Okinawa baik sebagai bumbu dan teh.

Tortilla Mazie Nixtamal adalah makanan pokok Nicoyan di Kosta Rika. Mereka dibuat segar setiap hari dengan jagung direndam dalam air jeruk nipis dan air (kalsium hidroksida), yang menanamkan gabah dengan kalsium 7,5 kali lebih banyak dan membuka asam amino tertentu jika tidak tidak tersedia di jagung.

Orang Okinawa minum teh hijau jenis khusus yang mereka sebut shan-pien, yang berarti “teh dengan sedikit aroma.”
David McLain / Courtesy of Blue Zones

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *